News

1 Dekade Rock In Celebes


Festival ini muncul ke permukaan bukan tanpa sebab. Diawali dari sebuah gigs reguler bernama Chambers Show sejak 2004, hingga di 2010 berkembang menjadi sebuah medium festival bernama Rock In Celebes. Dari pemahaman bahwa kami merindu atau ingin punya festival musik lokal yang bisa dinikmati. Ada di keramaian dan tahu dengan pasti musik yang dimainkan adalah sebuah perpaduan yang orgasmik. Festival ini sudah kami mimpikan sejak lama. Pemahaman kami, yang namanya festival itu, esensinya jauh lebih penting ketimbang siapa yang bermain. Festival adalah sebuah seri dimana program dimainkan secara simultan.

Tantangan paling besar adalah bagaimana mendapatkan kepercayaan dari orang banyak dan membuat konsistensi festival ini terjaga. Kita tidak bisa mengelak untuk menyepakati apa yang kita katakan. Konsistensi adalah kunci dan untuk niat itu kita semua harus bersyukur.

Musik adalah perayaan dan festival adalah rumah ibadah tempat perayaan itu dilangsungkan. Rock In Celebes, punya kesempatan berdiri sama tinggi dengan festival-festival yang berada di kota besar dan pusat industri musik. Dengan segenap kepercayaan yang kita genggam erat di dalam benak, yang kita punya di rumah kita ini benar-benar bisa membawa sebuah perkenalan lebih dalam nasional dan dunia dengan kota Makassar yang memang punya dunia seni dan kreatif yang luar biasa semarak. Itu adalah sinyal bahwa memang festival ini bisa ikut berkontribusi dan dirancang untuk dijalankan dalam kerangka waktu yang panjang. Lima tahun, sepuluh tahun, dan berpuluh-puluh tahun ke depan? Kita tidak pernah tahu. Tapi kita sudah sampai ditahun kesepuluh, Rock In Celebes punya segala macam sumber daya untuk membuat festival ini bertahan lama. Kita terus berharap kita punya kapabilitas semacam ini. Untuk penonton, yang menjadi daya tarik utama tentu saja adalah siapa yang bermain di festival ini. Dan kita yakin, festival ini akan berubah sudut pandang kenikmatannya setelah terus berjalan dan semakin mendapatkan kepercayaan publik.

Tahun ini, Rock In Celebes memasuki usia 10 tahun. Tak mudah bagi sebuah festival musik untuk terus bertahan. Permasalahannya sangat kompleks jika membicarakan bagaimana sebuah festival musik bisa mati. Salah satunya adalah semangat, suatu hal yang sangat penting untuk terus dijaga. Atas dasar itu, Rock In Celebes masih ada hingga saat ini. Peranan para penikmat musik yang selalu setia menunggu festival ini juga menjadi salah satu semangat yang terus ada. Perayaan festival Rock In Celebes kesepuluh tahun ini akan digelar pada 23 dan 24 November 2019, mengambil tempat paling tepat untuk festival, disebuah ambalat seluas 5 hektar di bagian utara kawasan Trans Studio Mall Makassar.

Kategori

Events

Rock In Celebes 2019

Main Festival

23-24 Nov, 2019 - Makassar


Rock In Celebes 2018

Main Festival

01-02 Dec, 2018 - Makassar


Rock In Celebes 2017

Main Festival

04-05 Nov, 2017 - Makassar


Rock In Celebes 2016

Main Festival

19-20 Nov, 2016 - Makassar


OTHER EVENTS