News

Makassar Kembali Sukses Menjadi Tuan Rumah Rock In Celebes Untuk ke-6 Kalinya


Sukses diadakan lima tahun berturut-turut di Makassar, kini Rock In Celebes kembali hadir dengan konsep Tur Festival yang diadakan di 5 kota besar di Sulawesi. Setelah sukses digelar di Palu dan Kendari, giliran Makassar yang menjadi titik utama Rock In Celebes 2015.

Mengambil lokasi strategis dipinggiran laut tepatnya di Celebes Convention Center Area Metro Tanjung Bunga, Rock In Celebes Festival Tour 2015 sukses digelar pada akhir pekan lalu, 14-15 Nopember.

Hari Pertama

Eksekutor Mutilasi, band Grindcore asal Bone menjadi penampil pembuka #RICfest2015 Makassar disusul Undergrace yang sebelumnya telah mengikuti tur bersama Rock In Celebes di Palu dan Kendari. Guantanamo dan Overdosis menjadi performer selanjutnya yang juga tampil dengan aksi terbaik mereka. Belum sampai disitu, Frontxside yang juga ikut tur 5 kota menambah panas situasi, disusul Budass yang datang jauh dari Kalimantan Timur untuk memuaskan pecinta musik cadas di Sulawesi.

Semakin sore, selain jadwal band yang padat, pengunjung juga sudah mulai memadati semua area festival. Band Rap Rock asal Makassar, Speed Instinct yang sebelumnya telah unjuk aksi di Palu dan Kendari mencoba membuat suasana semakin hidup dengan beat-beat yang mereka ciptakan. Setelah itu The Lovers & The Haters dari Manado dan The Game Over dari Makassar tampil dengan percaya diri menghibur para penonton.

Beralih ke luar concert hall, tepatnya di refreshment area tampak My Silver Lining yang merupakan band unik dan fresh asal makassar sedang santai-santainya menghibur di A Create Stage. Pengunjung yang memadati arena food stall terlihat sangat menikmati penampilan mereka. Tabasco menyambung damainya suasana yang telah terbangun. Band Indie Pop ini total membawakan 4 karya original mereka disusul unit Reggae asal Palu, Smile Jamming yang tampil dengan sangat menghibur.

Kembali ke concert hall utama, Taring semakin memanaskan main stage A. Untuk pertama kalinya band Hardcore asal bandung ini bertandang ke Makassar dan sangat puas dengan penampilan mereka. Antusias penonton yang terlihat sejak siang hari terbukti dengan aktifnya moshpit area ditengah perform Taring. Disusul Unremains, Antivirus asal Gorontalo dan Malvomed dari Samarinda membuat suasana semakin panas. Belum selesai, panggung utama lanjut digempur Sidjil, band cadas asal Bandung, Jawa Barat yang tampil dengan penuh aksi.

Pada malam hari, pertunjukan semakin mengesankan, Ilemauzar asal Singapura membuat panggung utama menjadi gelap dengan musik Black Metal yang mereka usung. FSTVLST, band Alternatif Rock unik asal Yogyakarta juga menjadi penampil yang paling ditunggu sebelum akhirnya Vallendusk dari Jakarta, The Box asal Palu dan Godless Symptoms asal Bandung secara bergiliran menjajal dan menambah hawa panas panggung.

Akhirnya tiba waktu tampil buat Unearth, band Metalcore asal Amerika Serikat yang merupakan salah satu headliner Rock In Celebes 2015. Tampil dengan energik dan atraktif, Unearth membakar semangat para metalhead yang khusus datang untuk menyaksikan penampilan mereka. Sekitar 8 lagu mereka bawakan dengan cadas sebelum akhirnya Endank Soekamti tampil. Band lawas asal Yogyakarta ini ditunjuk menutup hari pertama #RICfest2015 Makassar. Di beberapa lagu yang mereka bawakan terdengar suara lantang sesekali riuh rendah Kamtis Family ikut bernyanyi bersama idola mereka.

Hari Kedua

Masih di Celebes Convention Center Area Metro Tanjung Bunga, hari kedua gelaran Rock In Celebes Festival Tour 2015 dibuka dengan penampilan band Punk lokal, Pop Is Dead. Setelah itu unit Grindcore, High Voltage tampil dengan liar disusul band Barbarian Black Metal, Kemenyan yang juga tampil dengan garang. Tiga nama berikutnya juga tidak kalah menarik di panggung utama, mereka adalah Killer Instinct, Paniki Hate Light dan Ritual.

Semakin sore, gerombolan pemusik Rock asal Tenggarong, Biang Kerock unjuk aksi disusul Bob Infused, Critical Defacement yang selalu tampil cadas dan The Hotdogs, band lawas Makassar yang masih aktif di berbagai panggung. Belum sampai disitu, penonton disuguhi dengan penampilan dari Shaggydog, band Ska asal Yogyakarta yang dengan musik santainya sedikit menyegarkan telinga yang sejak tadi digempur oleh distorsi berat.

A Create Stage juga terus bergulir. Eddington, band Post Punk asal Makassar terlihat sibuk menguasai panggung alternatif. Impossible juga tak kalah keren menghibur. Band Hip Rock asal Majene ini membawakan beberapa karya original mereka sebelum akhirnya dua band yang cukup dikenal asal Makassar, Galarasta dengan musik Reggae yang asik dan DeBluesFresh yang tampil dengan apik.

Kembali ke main stage, band Death Metal asal Manado, Sabaoth kembali memanaskan panggung. Setelah itu Omni, band Rock Jakarta dan band Punk asal Surabaya, Timeless dengan aksi panggung yang berbeda menjajal #RICfest2015 Makassar. Belum habis sampai disitu, band besutan Erza Simanjuntak yaitu Zi Factor menggebrak membuat penonton terlihat seru.

Semangat penonton belum surut sampai band Grindcore asal Bandung, Rajasinga mengacak panggung utama. Moshing, stage diving, wall of death dan circle pit tidak henti-hentinya di depan panggung. Seolah tak memberi celah penonton untuk beristirahat, Daddy's Day Out menambah keseruan, aura rock maksimal berhasil menghipnotis penonton, lanjut Rosemary membuat lebih panas. Rosemary juga menjadi salah satu performer yang paling ditunggu sebelum akhirnya Edane, salah satu band Rock lawas nasional menguasai panggung utama. Lebih satu jam dengan belasan tembang dibawakan oleh Edane dan penampilan mereka dengan lagu "Kau Pikir Kaulah Segalanya" menutup semua rangkaian Rock In Celebes Festival Tour 2015 Makassar.

Rock In Celebes Festival Tour 2015 Makassar sukses menghadirkan lebih 50 band dan 50 tenant serta partisipan dan program lainnya dengan kemasan dan kemeriahan lebih. Sampai jumpa Rock In Celebes di tahun berikutnya!

Simak foto-foto Rock In Celebes Festival Tour 2015 Makassar disini.

Oleh: Andika Pramulia

Kategori

Events

Rock In Celebes 2017

Main Festival

04-05 Nov, 2017 - Makassar


Rock In Celebes 2016

Main Festival

19-20 Nov, 2016 - Makassar


OTHER EVENTS