News

Manado Sempurna Menutup Gelaran Rock In Celebes Festival Tour 2015


Setelah melalui perjalanan panjang selama sebulan, Rock In Celebes Festival Tour 2015 sampai dititik terakhir. Setelah Palu, Kendari, Makassar dan Gorontalo, festival ini berakhir di Manado, sebuah kota yang terletak di utara pulau Sulawesi. Kota yang terkenal dengan sektor wisata laut ini ternyata memiliki potensi anak muda kreatif yang patut dilirik khususnya dibidang musik. Hal ini membuat Rock In Celebes wajib bertandang untuk membuktikan hal tersebut.

Diselenggarakan selama 2 hari, Rock In Celebes Festival Tour 2015 Manado berhasil menarik perhatian ribuan orang yang memadati Pelataran Parkir Manado Town Square (MANTOS) untuk menyaksikan gelaran festival musik dengan puluhan band Sulawesi dan nasional, 28-29 Nopember lalu.

Hari Pertama

Panggung Rock In Celebes Festival Tour 2015 Manado dibuka dengan penampilan band Deathmetal asal Manado, DANGEROUS OF ETERNITY yang tampil dengan penuh aksi. Penampilan mereka lantas menyita perhatian pengunjung yang konsentrasi sebelumnya terpusat pada engagement dan clothing expo area. Setelah tampil sekitar 20 menit, panggung diambil alih oleh band Ska Reggae, DE BANANA SPLIT yang terlihat asyik menghibur. Penonton sangat menikmati penampilan mereka sebelum akhirnya MY NAME IS JHON juga tak kalah keren menampilkan performa musik mereka.

Dua nama selanjutnya datang dari Gorontalo, 90’s DOWN PARTY dan FROM HELL TO HEAVEN. Dua band dengan genre berbeda ini mencoba memanaskan panggung dengan ciri khas dan aksi panggung yang berbeda pula tentunya. Suasana panas terus memuncak ketika unit Deathmetal asal Makassar, CRITICAL DEFACEMENT dan RASPUTIN asal Palu secara bergiliran unjuk aksi garang. Pecinta musik keras (metalhead) tampak memadati barisan depan barikade lengkap dengan gerakan moshing. Kemudian, BAROL tampil dengan musik Hardcore yang keras dan aksi panggung yang liar. Belum sampai disitu, keseruan bertambah ketika ANTIVIRUS, band Deathmetal asal Gorontalo dan FRONTXSIDE, unit Hardcore dari Makassar turut menyumbangkan aksi terbaik mereka di panggung Rock In Celebes Festival Tour 2015 Manado.

Semakin malam, suasana semakin panas. Ribuan penonton kemudian disuguhkan dengan penampilan dua band lawas kebanggaan Manado. SABAOTH dan KARIKATUR secara bergiliran tampil sekeras musik yang mereka usung. Setelah itu tanpa memberi celah, REVENGE mengambil alih panggung. Band Deathmetal asal Jakarta ini menjadi salah satu performer yang ditunggu oleh metalhead. Mereka sejak awal telah digempur oleh puluhan band cadas Sulawesi dan aksi REVENGE menjadi puncak kepuasan mereka dalam menikmati musik keras. ENDANK SOEKAMTI kemudian menjadi nama terakhir yang membuat penonton klimaks menikmati gelaran Rock In Celebes. Band asal Yogyakarta ini perdana tampil di Manado dan menjadi band paling ditunggu penampilannya. Bendera dan atribut lain dari Kamtis Family yang merupakan fanbase ENDANK SOEKAMTI terlihat berkibar menghiasi penampilan mereka. Suara lantang penonton yang ikut bernyanyi melengkapi puasnya band Punk Rock itu tampil menutup hari pertama Rock In Celebes Festival Tour 2015 Manado.

Hari Kedua

Pelataran Parkir Manado Town Square masih menjadi tempat ibadah perayaan Rock In Celebes Festival Tour 2015 Manado. Muda-mudi terlihat kembali memadati venue sejak sore hari. Sebelum panggung bergemuruh, pengunjung tampak memadati booth Go Ahead People dimana Talkshow #RICfest2015 sedang berlangsung. Terlihat Ricky Siahaan (Rolling Stone Indonesia), Akbar Haka (Kapital) dan Ardy Chambers (Rock In Celebes) berbagi cerita dan pengalaman seputar invasi musik dan industri kreatif lokal menuju nasional. Peserta tampak antusias dan diskusi semakin hidup.

Setelah talkshow, konsentrasi beralih ke stage musik. SACRAMENT, band Deathmetal Manado menjadi penampil pembuka disusul EXCEED THE ATMOSHPHERE tampil memukau menghipnotis penonton dengan musik Instrumental Post Rock. Setelah itu, BLOODLINES dan INFRONTAL yang merupakan band Hardcore asal Manado dan Gorontalo mengambil alih panggung secara bergilir. Aksi liar mereka membuat panggung kembali panas. Keseruan bertambah ketika THE LOVERS AND THE HATERS menguasai panggung dengan sangat maksimal.

Dua unit Punk Rock asal Manado dan Gorontalo menjadi nama selanjutnya yang tampil tak kalah keren. ITENEPS dan SPESIALIS TENDANGAN BEBAS masing-masing membawakan tiga tembang andalan mereka dibalut dengan aksi panggung khas menghibur penonton. Setelah itu, DE’CRUE naik menguasai panggung, suasana semakin seru. Band Rock yang selalu tampil ‘nyentrik’ ini menggempur panggung Rock In Celebes ditemani dengan Cruemoon (fanbase De’Crue) beratribut lengkap terpajang di barikade. Panggung kemudian bergulir ke THE LEZZY yang tampil dengan santai dan TIGA SAMURAI dengan musik Rock kental yang mereka usung.

Semakin larut, tiba waktu tampil band Rock dengan cita rasa 70-an, KELOMPOK PENERBANG ROKET. Band asal Jakarta ini tampil membawakan beberapa lagu andalan mereka seperti “Dimana Merdeka”, “Anjing Jalanan” dan “Mati Muda”. Penonton yang sejak awal menunggu penampilan mereka terlihat memadati area depan panggung dan ikut bernyanyi. Setelah itu, band Metal asal belantara Kalimantan Timur membuat panggung semakin panas. KAPITAL tampil penuh aksi menggempur Rock In Celebes Festival Tour 2015 Manado. Beberapa judul lagu dari album lama dan single terbaru “Mutu Manikam” juga mereka bawakan, metalhead terlihat menikmati. Tanpa jeda, penampil yang paling ditunggu di Manado akhirnya tampil. JAMRUD merupakan headliner yang didapuk menutup Rock In Celebes Festival Tour 2015 Manado. Band Rock lawas dan legend ini membawakan beberapa lagu seperti “Putri”, “Waktuku Mandi”, “Pelangi di Matamu” dan masih banyak lagi yang membuat ribuan orang ikut bernyanyi lantang. Krisyanto (vokalis Jamrud) merasa sangat puas dan terhormat tampil bersama JAMRUD pdi festival musik Rock In Celebes di Manado. Lagu “Terimakasih” menjadi judul tembang terakhir yang meraka bawakan dibawah megahnya pesta kembang api malam itu. Kemeriahan ini menjadi penutup Rock In Celebes Festival Tour 2015 Manado dan sekaligus mengakhiri perjalanan gelaran Rock In Celebes Festival Tour 2015.

Simak foto-foto Rock In Celebes Festival Tour 2015 Manado disini.

Oleh: Andika Pramulia

Kategori

Events

Rock In Celebes 2017

Main Festival

04-05 Nov, 2017 - Makassar


Rock In Celebes 2016

Main Festival

19-20 Nov, 2016 - Makassar


OTHER EVENTS